Penyebab prokrastinasi siswa pada pembelajaran matematika
Abstract
Prokrastinasi merupakan perilaku menunda tugas atau sesuatu yang diberikan sampai waktu yang ditentukan. Hal ini sering dilakukan siswa terutama pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab prokrastinasi siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI dari 3 sekolah berbeda dengan jumlah 200 siswa. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif yang bersifat deskriptif berupa persentase. Hasil penelitian ini yaitu penyebab dominan secara internal adalah lelah setelah pulang sekolah (75,5%), stres (75,13%), rasa takut gagal (74,56%), kecemasan (71%), dan tidak percaya pada kemampuan (70,5%). Adapun penyebab dominan secara eksternal adalah gawai (80,94%), bisa mencontek (76,13%), waktu pengumpulan lama (74,69%), dan asik menonton (72%).
Procrastination is the behavior of delaying a task or something given until a certain time. This is often done by students, especially in learning mathematics. This study aims to determine the causes of student procrastination in learning mathematics. This research was conducted on class XI students from 3 different schools with a total of 200 students. Data analysis used descriptive quantitative analysis in the form of percentages. The results of this study are the internal dominant causes are tired after school (75.5%), stress (75.13%), fear of failure (74.56%), anxiety (71%), and lack of confidence in one's abilities ( 70.5%). The dominant causes externally are gadgets (80.94%), being able to cheat (76.13%), long collection times (74.69%), and fun watching (72%).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akinsola, M. K., Tella, A., & Tella, A. (2007). Correlates of Academic Procrastination and Mathematics Achievement of University Undergraduate Students. Journal of School Psychology, 31(4), 363–370. https://doi.org/10.1016/0022-4405(93)90033-F
Asikhia, O. A. (2010). Academic Procrastination in Mathematics: Causes, Dangers and Implications of Counselling for Effective Learning. International Education Studies, 3(3), 205–210. https://doi.org/10.5539/ies.v3n3p205
Astuti, S. R. (2020). Kontribusi Self Control dan Kecanduan Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI Di SMK ISFI Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 76–86. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/view/140/5
Barseli, M., Ifdil, & Nikmarijal. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/10.29210/119800
Fauziah, H. H. (2016). Fakor-Faktor Yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123–132. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.453
Junia, A. V., Sofah, R., & Putri, R. M. (2019). Intensitas Penggunaan Media Sosial Di Smp Negeri 18 Palembang. Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 21–29. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jkonseling/article/download/8499/4498
Khotimah, H. (2020). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Belajar Matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 116–123. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.56
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Mariana, D., Endang, B., & Yusuf, A. (2016). Analisis Faktor Penyebab Siswa Mengalami Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP LKIA Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 23(45), 5–24. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17204/14685
Purwati, M., & Rahmadani, A. (2018). Hubungan Antara Kelekatan Pada teman Sebaya Dengan Stress Akademik Pada Mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 2(2), 28–39. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/21664
Rahman, U., Nursalam, & Tahir, M. R. (2015). Pengaruh Kecemasan Dan Kesulitan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X Ma Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(1), 86–102. https://doi.org/10.24252/MAPAN.2015V3N1A8
Rondha, & Christianingrum, R. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rasa Takut Akan Kegagalan Dalam Diri Mahasiswa. 505–508. htt//:peprints.uny.ac.id107881P - 65.pdf
Rusmaini, & Rahayu, P. Y. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penentu Prokrastinasi Akademik Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Pekobis, 4(2). https://ojs.unm.ac.id/JPPK/article/view/3070
Sari, L. N. I. (2019). Studi Komparasi Prokrastinasi Akademik Dalam Mengerjakan tugas matematika Ditinjau Dari Gender. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 7. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Setyani, M., & Ismah. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar. 01, 73–84. journal.uhamka.ac.id
Sundayana, R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan (2nd ed.). Alfabeta.
Syam, A., & Amri. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri ( Self Confidence ) Berbasis Kaderisasi Imm Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa ( Studi Kasus Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare ). Jurnal Biotek, 5, 87–102. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/viewFile/3448/3243
Wangid, M. N. (2019). Prokrastinasi akademik: perilaku yang harus dihilangkan. Tazkiya Journal of Psychology, 2(2), 235–248. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v2i2.10772
Zarkaysi, W., Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. Ri. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.)). PT. Refika Aditama.
DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v3i2.151
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education