Pengaruh model pembelajaran genius learning terhadap pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model genius learning terhadap pemahaman konsep dan komunikasi matematis materi program linier pada siswa kelas XI MA Hamzanwadi NW Pancor tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent pretes-posttest control group design. Populasi dan sampel penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas XI di MA Hamzanwadi NW Pancor ditentukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian untuk mengukur pemahaman konsep dan komunikasi matematis, serta angket komunikasi matematis. Data dianalisis menggunakan uji t-tes. Hasil analisis uji hipotesis untuk mengukur pemahaman konsep menunjukkan bahwa tℎitung > ttabel yaitu 5,23 > 2,02 dan komunikasi matematis yaitu 4,52 > 2,02 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran genius learning terhadap pemahaman konsep dan ada pengaruh yang positif dan signifikan terhadap komunikasi matematis siswa MA Hamzanwadi NW Pancor Kelas XI materi program linier tahun pelajaran 2019/2020.
This study aims to determine the effect of using the genius learning model on the understanding of concept and mathematical communication of linier program material in class XI MA Hamzanwadi NW Pancor school year 2019/2020. This type of research is quasi–experimental study with a non-equivalent pretest-posttest control grup design. The population and sample of this study used all XI student in MA Hamzanwadi NW Pancor determined using saturated sampling technique. Class XI-1 was acted as an experimental class and class XI-2 as a control class. Data collection techniques use the description tes to measure understanding of concepts and mathematical communication, as well as mathematical communication questionnaires. Data were analyzing using t-test. The results of the hypothesis test analysis to measure understanding of the concept show that t_count > t_table is 5.23 > 2.02, and mathematical communication is 4.52 > 2.02 which means Ho is rejected and Ha is accepted, so it can be concluded that there is a positive and significant learning model of genius learning on concept understanding and there is a positive and significant influence on mathematical communication of MA Hamzanwadi students of NW Pancor Class XI linier program material in the academic year 2019/2020.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Gunawan, W. A. (2012). Genius learning strategy pentujuk praktis untuk menerapkan accelerated learning. Jakarta: Gramedia.
Haris, P. (2017). Pada tahun 2020 tak ada lagi pelajaran matematika. Diunduh di https://Edukasi.Kompas.Com/Read/2017/09/19/13445611/Pada-2020-Tak- Ada-Lagi-Pelajaran-Matematika-Di-Negara-Ini tanggal 12 Maret 2019.
Jaheman, (2019) Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Diunduh di https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv8n2_02. volume 8, No. 2 (2019)
Putri, N. L. (2018). Penerapan strategi genius learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Skripsi dipublikasikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rosa, F. (2018). Meski akses mudah, kualitas pendidikan di indonesia masih rendah. Dunduh di https://www.idntimes.com/news/indonesia/rosafolia/meski-akses-mudah- kualitas-pendidikan-di-indonesia-masih-rendah-1/full tanggal 12 Maret 2019.
Tresno Sriwahyuni. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi segiempat dan segitiga. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. Volume 3, Nomer 1, hal 18.
Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v3i2.145
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education