Efektivitas Penerapan Metode Round Table dan Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui adakah perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran Round Table dengan metode pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika siswa; 2) Untuk mengetahui adakah perbedaan pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar matematika siswa; 3) Untuk mengetahui adakah interaksi antara metode pembelajaran Round Table dan ekspositori dengan kemampuan awal siswa tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Maniamas Ngabang berjumlah 105 siswa, dengan sampel kelas VIII C dan VIII D berjumlah 78 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Data kemampuan awal siswa didapatkan dari hasil nilai ulangan harian terakhir. Data prestasi belajar diperoleh dari tes yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya beda terhadap soal tes yang akan digunakan.
Teknik analisis data menggunakan Analisis Variansi (ANAVA) dua jalan dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis data didapatkan: 1) Ada perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran Round Table dengan metode pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika siswa; 2) ada perbedaan pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar matematika siswa; 3) ada interaksi antara metode pembelajaran Round Table dan ekspositori dengan kemampuan awal siswa tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hasil penelitian ini adalah 1) Metode pembelajaran Round Table lebih efektif daripada metode pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika siswa; 2) Siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah terhadap prestasi belajar matematika siswa; 3) ada interaksi antara metode pembelajaran Round Table dan ekspositori dengan kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar matematika siswaKeywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Darmadi. 2009. Pengaruh Pemanfaatan Power Point Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Tingkat Sekolah Dasar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 15 (1): 99-112.
Prawiradilaga. 2008. Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Fajar Interpratama Offset.
Rosalin, Elin. 2008. Gagasan Merancang Pembelajaran Konstektual. Bandung: PT Karsa Mandiri Persada.
Sukmadinata, Nana Syaodih 2010. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah. Bandung: PT Refika Aditama.
Wahyudin. 2008. Kurikulum, Pembelajaran, dan Evaluasi. Jakarta: CV Ipa Abong.
Yamin, Martinis dan Ansari, Bansu I. 2009. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press
DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v1i1.19
Refbacks
Copyright (c) 2019
License URL: https://journal.stkippamanetalino.ac.id/index.php/matematika/information/sampleCopyrightWording
STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education