Efektifitas Macromedia Flash Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas media macromedia flash terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. pada penelitian ini yaitu siswa kelas VA dan VB SDN Sawahan yang berjumlah 38 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan peneliti adalah tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian. Hasil penelitian ini dihitung dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil bahwa thitung = 6,85 dan ttabel = 1,666571 sehingga ttabel < thitung maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa media macromedia flash efektif terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas V SD.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alyusfitri, R., Aziz, I., Amdia, D., Doktor, P., Pendidikan, I., Sarjana, P., Padang, U. N., Guru, P., Dasar, S., & Hatta, U. B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Dengan Pedekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1281–1296.
Fahmi, S. (2014). Pengembangan Multimedia Macromedia Flash dengan Pendekatan Kontekstual dan Keefektifannya terhadap Sikap Siswa pada Matematika. Jurnal Agrisains, 5(2), 166–191.
Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323–334. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.652
Kania, N., & Arifin, Z. (2020). Aplikasi Macromedia flash untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 96. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2872
Lestari, I., & Khaeriyah, S. L. (2018). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa antara Media Pembelajaran Macromedia Flash dan Powerpoint. Math Didaktic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 210–219.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 785–793. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/439
Waskito, D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Matematika Bagi Sekolah Dasar Kelas 6 Berbasis Multimedia. Journal Speed - Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 9(1), 20–26.
DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v4i1.180
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education