ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PJOK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 104259 CITAMAN JERNIH KECAMATAN PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2020/2021

Muhammad Chairi Nasution, Muhammad Syaleh

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan siswa Kelas V SD Negeri 104259 Citaman Jernih Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini ada tiga faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yakni faktor yang terdapat dalam diri siswa (faktor internal), faktor yang datang dari luar (faktor eksternal) dan faktor dari pendekatan belajar dari siswa itu sendiri.

Studi analisis deskriptif kualitatif menggunakan Teknik. Hasil analisis mean terdapat perbadingan antara faktor internal yang sering mempengaruhi hasil belajar dengan rerata 3,88, faktor eksternal yang juga sering mempengaruhi hasil belajar dengan rerata 3,58 dan faktor pendekatan belajar (approach to learning) dengan rerata 3,08 yang kadang-kadang mempengaruhi hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor internal dan eksternal sering mempengaruhi hasil belajar siswa. Sedangkan faktor pendekatan belajar kadang-kadang mempengaruhi hasil belajarsiswa.

Kata Kunci: Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

Abstract

This study aims to analyze the factors that influence the learning outcomes of Physical Education, Sports, and Health for Class V students of SD Negeri 104259 Citaman Jernih, Perbaungan District, Serdang Bedagai Regency, for the 2020/2021 Academic Year. In this study, there are three factors that can affect the learning outcomes of Physical Education, Sports and Health, namely factors contained within students (internal factors), factors that come from outside (external factors) and factors from the learning approach of the students themselves.

Qualitative descriptive analysis study using technique. The results of the analysis of the mean there is a comparison between internal factors that often affect learning outcomes with an average of 3.88, external factors that also often affect learning outcomes with an average of 3.58 and learning approach factors (approach to learning) with an average of 3.08 which sometimes affect student learning outcomes. So it can be concluded that internal and external factors often affect student learning outcomes. While the learning approach factors sometimes affect student learning outcomes.

Keywords: Factors that affect learning outcomes, Physical Education, Sports, and Health




DOI: https://doi.org/10.38114/josepha.v2i2.156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 JOSEPHA : Journal of Sport Science and Physical Education

Click Here View My Stats