KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN PROGRAM LINIER DENGAN MODEL ARTIKULASI

Nila Nifrani, Sugeng Sutiarso

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran Artikulasi dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Populasi adalah 33 siswa yang diambil dari 2 kelas, kelas XI B sebagai kelas eksperimen dan kelas XIA sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas kontrol. 


Keywords


GeoGebra; pemecahan masalah; program linier; model pembelajaran artikulasi

Full Text:

PDF

References


Chen, Zhiwei. “The Analysis And Researching On The Essences Of The Lifelong Education, Lifelong Learning And Learning Society.†Scholarly Research Journal for Humanity Science & English Language, 2015.

Dara, Rifa Alifia. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Sikap Tanggung Jawab Anak Usia Dini.†Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 2021, doi:10.36706/jtk.v7i2.11603.

Febriani, Cholidia, and Abdul Haris Rosyidi. “Identifikasi Penalaran Induktif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika.†Mathedunesa, 2013.

Nasriwandi, et al. “Kajian Literatur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Educations Di Sekolah Dasar.†Journal on Teacher Education, 2021.

Rahayuningtyas, E., & Istiqlal, M. "Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Materi Segiempat Dan Segitiga Menggunakan Model Pembelajaran (Paikem Gembrot) Pada Peserta Didik Kelas VII-D Mts Negeri Salatiga". Hipotenusa: Journal of Mathematical Society, 2019, 1(1), 22-26.

Rahmatiya, Rizqa, and Asih Miatun. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa Smp.†Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 2020, doi:10.25157/teorema.v5i2.3619.

Yastiari, I. Desak Made. “Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Dengan Media Gambar Guna Meningkatkan Prestasi Belajar IPA.†International Journal of Elementary Education, 2019, doi:10.23887/ijee.v3i4.21748.

Yuliati, Ikha. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik.†Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2021, doi:10.31004/cendekia.v5i2.547.




DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v5i1.299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Click Here for View My Stats