PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS X-9 SMA NEGERI 7 BALIKPAPAN MATERI BARISAN DERET

Dwi Nur Aini, Husnul Khotimah, Ida Sularkoni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas X-9 SMA Negeri 7 Balikpapan. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi pada setiap Tindakan siklus dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) data meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas X-9 SMA Negeri 7 Balikpapan. Hal ini dapat dilihat dari rata- rata hasil tes awal dari siklus I ke siklus II yang meningkat dari 68% menjadi 83%. Peningkatan ini juga sejalan dengan peningkatan ketuntasan belajar yaitu 55% pada siklus I dan menjadi 100% pada siklus II.


Keywords


Barisan deretProblem Based LearningHasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.

Hasanah, U., Sarjono, S., & Hariyadi, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 43-52.

Mente, H., & Jazuli, L. O. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika , II, 38.

Rahayuningtyas, E., & Istiqlal, M. (2019). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Materi Segiempat Dan Segitiga Menggunakan Model Pembelajaran (Paikem Gembrot) Pada Peserta Didik Kelas VII-D Mts Negeri Salatiga. Hipotenusa: Journal of Mathematical Society, 1(1), 22-26.

Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 1-14.

Barell, John. Problem Based Learning second edition. California: Corwin Press a Sage Publications Company. 2007

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Jurnal Cakrawala Pendas. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II Sekolah Dasar , IV, 33-34.

Gardner, J. W. (2007). Problem-based learning. Diambil http://www.studygs.net/pbl.htm http://media-grafika.com/modelmodel-pembelajaran

Arends, R. I. (2011). Learning to Teach, (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kamarianto, K., Noviana, E., & Alpusari, M. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sd Negri 001 Kecamatan Sinaboi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12. 49

Sukmawati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN Wonorejo 01. Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia, 2(2), 49-59. Widana, I. W., & Diartiani, P. A. (2021). Model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(1), 88-98.

Kusuma, A. C., Ekasari, S. R., & Weddakarti, E. (2022). Implementation of Interactive Mathematics Teaching E-Modul To Improve Student Motivation and Learning Outcomes. Hipotenusa: Journal of Mathematical Society, 4(1).

Aang, A., & Muhaemin, H. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). PRISMA, 9(2), 213- 220.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Kemendikbud. 2014. Konsep Pendekatan Scientific. Kemendikbud. Jakarta. Kurniasih, Imas & Berlin S. 2014. RPP. Kata Pena: Yogyakarta.

Nurhidayah, N. (2022). Implementation of Constructivist-Metacognitive Learning Based on Character Education on Student's Metacognitive Ability. Hipotenusa: Journal of Mathematical Society, 4(1).

Yamin, Martinis. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. GP Press Group: Jakarta.

Purwanto. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar




DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v5i1.280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Click Here for View My Stats