HUBUNGAN ANTARA MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF DENGAN MOTIVASI BELAJAR

Fida Rahmantika Hadi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara model PBL berbantuan media interaktif dengan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 23 siswa kelas V SDN Banjarejo Madiun. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Instrumen angket sebelumnya di uji kelayakannya dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 25 For Windows. Untuk mengetahui siswa termotivasi dalam belajar, peneliti menggunakan angket dengan hasil penghitungan uji regresi sederhana yang menunjukkan bahwa terdapat adanya hubungan antara media PBL berbantuan media interaktif dengan motivasi belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan pada hasil signifkansi terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel (5,706 > 2,079), maka dapat diperoleh kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara model PBL berbantuan media video interaktif dengan motivasi belajar siswa


Keywords


Model PBL; Media Interaktif; Motivasi Belajar.

References


Ali, A., Islamiah, D., & Zulkifli, Z. (2019). The Effectiveness of Problem - Based Learning Methods in Improving High-Order Thinking Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1150(1), 0–11. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1150/1/012065

Chen, C. M., Wang, J. Y., & Zhao, R. H. (2019). An effective method for incentivizing groups implemented in a collaborative problem-based learning system to enhance positive peer interaction and learning performance. Interactive Learning Environments, 30(3), 435–454. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1663435

Darmawan, D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (Pipih Latifah (ed.); Cetakan Ke). PT Remaja Rosda Karya Offset.

Deep, S., Salleh, B. M., & Othman, H. (2019). Study on problem-based learning towards improving soft skills of students in effective communication class. International Journal of Innovation and Learning, 25(1), 17–34. https://doi.org/10.1504/IJIL.2019.096512

Hadi, F. R. (2021). Efektifitas Model Pbl Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6644–6649. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2005

Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (1st ed.). Rajawali Pers.

Sukardi. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409




DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v4i2.263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Click Here for View My Stats