EFEKTIFITAS LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS STEM-PJBL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS V SD

Rissa Prima Kurniawati, DIAN PERMATASARI KUSUMA DAYU

Abstract


Semakin sering seorang siswa menyelesaikan permasalahan matematika, maka dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan penalarannya, dapat membantu siswa untuk lebih aktif, lebih kreatif, dan dapat menemukan suatu solusi yang tepat dari permasalahan. Agar dapat memecahkan suatu permasalahan, siswa harus mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dan aktif dalam menemukan serta mencari informasi yang diperlukan. Banyak siswa yang merasa kesulitan dalam memahami konsep atau materi matematika dan kurang mengetahui cara yang tepat dalam menyelesaikan masalah matematika. Hal ini berakibat menurunnya kemampuan kognitif siswa pada pelajaran matematika. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas lembar kerja siswa berbasis STEM-PjBL terhadap kemampuan kognitif siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitain kualitatif dengan menggunakan desain penelitian yaitu Quasi Experimental Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa  >  ditolak dan  diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa berbasis STEM-PjBL lebih efektif dibandingkan dengan lembar kerja siswa yang biasa dipakai guru sekolah dasar.


Keywords


Lembar Kerja Siswa; STEM; Project Based Learning

References


Aydin, G. (2020). Prerequisites for elementary school teachers before practicing STEM education with students: A case study. Eurasian Journal of Educational Research, 2020(88), 1–40. https://doi.org/10.14689/ejer.2020.88.1

Dywan, A. A., & Airlanda, G. S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM dan Tidak Berbasis STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 344–354. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.353

Falloon, G., Hatzigianni, M., Bower, M., Forbes, A., & Stevenson, M. (2020). Understanding K-12 STEM Education: a Framework for Developing STEM Literacy. Journal of Science Education and Technology, 29(3), 369–385. https://doi.org/10.1007/s10956-020-09823-x

Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254

Hadar, L. L., & Ruby, T. L. (2019). Cognitive opportunities in textbooks: the cases of grade four and eight textbooks in Israel. Mathematical Thinking and Learning, 21(1), 54–77. https://doi.org/10.1080/10986065.2019.1564968

Hamdu, G., & Rostiana, N. I. (2020). Desain Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Stem Untuk Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 79–87. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4809

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21. https://doi.org/10.17977/um052v7i1p9-21

Khusna, A. H., Yuwono, I., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berkarakteristik Rme Materi Barisan Dan Deret Untuk Kelas X. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 739–745.

Kristanti, Y., Subiki, S., & Handayani, R. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 5(2), 116319.

Li, Y., Wang, K., Xiao, Y., Froyd, J. E., & Nite, S. B. (2020). Research and trends in STEM education: a systematic analysis of publicly funded projects. International Journal of STEM Education, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40594-020-00213-8

Mann, E. L., Mann, R. L., Strutz, M. L., Duncan, D., & Yoon, S. Y. (2011). Integrating Engineering Into K-6 Curriculum: Developing Talent in the STEM Disciplines. Journal of Advanced Academics, 22(4), 639–658. https://doi.org/10.1177/1932202X11415007

Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2021). Lembar Kerja Siswa Berbasis Project Based Learning sebagai Inovasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 12–21.

Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. JURNAL E-DuMath, 3(2). https://doi.org/10.26638/ je.455.2064

Remillard, J. T. (2005). Examining key concepts in research on teachers’ use of mathematics curricula. Review of Educational Research, 75(2), 211–246. https://doi.org /10.3102/00346543075002211

Roehrig, G. H., Moore, T. J., Wang, H.-H., & Park, M. S. (2012). Is Adding the E Enough? Investigating the Impact of K-12 Engineering Standards on the Implementation of STEM Integration. School Science and Mathematics, 112(1), 31–44. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.2011.00112.x

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (19th ed.). Penerbit Alfabeta.

Sumarni, W; Wijayati, N., & Supanti, S. (2019). Kemampuan Kognitif dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berpendekatan STEM. Jurnal Pembelajaran Kimia, 4(1), 18–30.

Titu, A. M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 176–186.

Van Steenbrugge, H., Valcke, M., & Desoete, A. (2013). Teachers’ views of mathematics textbook series in Flanders: Does it (not) matter which mathematics textbook series schools choose? Journal of Curriculum Studies, 45(3), 322–353. https://doi.org/10.1080/00220272.2012.713995




DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v4i2.262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Click Here for View My Stats