ANALISIS PENERAPAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 DI MASA PANDEMI COVID-19

Rian Rian, Bernadeta Ritawati, Konstansia Hermiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 dimasa pandemi Covid-19 di SMAS Maniamas Ngabang. Subjek penelitian adalah guru pengampu mata pelajaran matematika wajib. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, hasil penelitian berupa deskripsi dari instrumen yang digunakan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara tak terstruktur dan panduan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa komponen yang terdapat dalam kurikulum 2013 sudah tercantum di rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat dan sudah dipraktekan kepada siswa dalam proses belajar mengajar di kelas.


Keywords


RPP; Kurikulum 2013; Pandemi Covid-19

References


(Pd, Sri Astuti M. 2018) Buku Landasan Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rafa Production.

Checkley, K. (2006). The essentials of mathematics, grades 7-12: Effective curriculum, instruction, and assessment. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.

Confrey, J. & Stohl, V. (Eds.). (2004). On evaluating curricular effectiveness: Judging the quality of K-12 mathematics evaluations. Washington, D.C.: The National Academies Press.

Depdiknas (2007). Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas.

Fauzan dan Fatkhul Arifin. 2022. Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Kencana.

Hilda Taba, Curriculum Development: Theory and Practice, (USA: Harcourt, Brace, & World, 1962).

Jumiati, J., & Saenab, S. (2018). Keterlaksanaan Pendekatan Saintifik dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Biologi Kelas X MIA1 dan XI MIA1 Di SMA Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Biology Teaching and Learning, 1(1).

Nazri, E., Azmar, A., & Neliwati, N. (2022). Komponen-komponen Kurikulum Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1289-1298.

Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran.

Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.

Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian.

Permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tertanggal 23 November Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Putra, C. A. A., Handayani, T., & Budiono, B. (2022). Analisis Ketercapaian Penerapan Kebijakan RPP Satu Lembar Dalam Proses Pembelajaran Di SMP Negeri 10 Malang. Jurnal Civic Hukum, 7(1).

Rakhmawati, S., & Azmi, N. (2016). Analisis pelaksanaan kurikulum 2013 ditinjau dari standar proses dalam pembelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 1 Krangkeng. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 5(2), 156-164.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara

Thaib, R. M., & Siswanto, I. (2015). Inovasi Kurikulum dalam Pengembangan Pendidikan (Suatu Analisis Implementatif). Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 216-228.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yani, Ahmad. 2014. Mindset Kurikulum 2013. Bandung: Alfabeta.

Zaini, H. (2015). Karakteristik kurikulum 2013 dan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 15-31.




DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v4i2.254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Click Here for View My Stats