PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Miya Kristanti, Taufiq Satria Mukti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan penerapan model pembelejaran kooperatif tipe jigsaw pada materi prisma dan limas.Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas 8 A SMP Muhammadiyah 10 Turen. Desain penelitian mengikuti model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada siklus pertama diperoleh hasil bahwa persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan, akan tetapi belum memenuhi ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan. Sehingga dilanjutkan pada siklus kedua serta diperoleh perubahan yang signifikan dan memenuhi ketuntasan klasikal yang ditentukan yaitu ≥ 80% dari jumlah siswa dalam kelas. Dengan demikian, model kooperatif yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Model pembelajaran, kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar


Keywords


Model pembelajaran; kooperatif tipe jigsaw; hasil belajar

References


Amelia Rosmala, I. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. PT Bumi Aksara.

Hamdayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia.

Himah, A. (2022). JIGSAW MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LEBAKSIU. 2(1), 10.

Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2).https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704

Nasruddin, N., & Abidin, Z. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa SMP. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 113.https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3557

Rusman. (2015). Model-Model Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 10, 10.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Waryanti, D., Watulingas, J. R., & Azainil. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 27–32. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.442




DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v4i2.200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Click Here for View My Stats