Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Mobile Learning Dengan Pendekatan Differentiated Instruction

Siti Suprihatiningsih, Triana Harmini, Nugroho Arif Sudibyo, Pradipta Annurwanda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh  pembelajaran matematika menggunakan mobile learning dengan pendekatan Differentiated Instruction (DI) terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimentasi semu dengan populasi seluruh siswa kela VIII SMP Negeri 1 Menyuke. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Way Anova dengan prasyarat analisisnya uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data yang didapatkan bahwa ketiga data berdistribusi normal dan homogen. Uji One Way Anova menunjukan hasil signifikan 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran langsung, mobile learning maupun mobile learning dengan DI, selanjutnya dilakukan uji pasca anava untuk mengetahui metode pembelajaran yang efektif. Hasil uji pasca anava menunjukkan bahwa mobile learning dengan DI lebih efektif dibandingkan mobile learning maupun pembelajaran langsung. Sementara, mobile learning lebih efektif dibandingkan pembelajaran langsung.

Keywords


matematika, mobile learning, differentiated instruction

References


Broto, G. S. D. (2014). Riset kominfo dan UNICEF mengenai perilaku anak dan remaja dalam menggunakan internet. In Siaran Pers No. 17/Pih/Kominfo/2/2014.

Hamalik, O. (2003). Media Pendidikan (Cetakan VI). PT Citra Aditya Bakti.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Ngurahrai, A. H., Fatmaryanti, S. D., & Nurhidayati, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 12(2), 76–83. https://doi.org/10.37729/radiasi.v12i2.55

Santyasa, I. W. (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Makalah, 1–23.

Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya, 33(2), 87–92. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p87-92

Taufikurrahman, & Nurhaswinda. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Papan Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(2).

Wati, E. I., Ilyas, M., & Sulistyowati, E. D. (2017). Pengembangan Media Mobile learning dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas X Smk. Ilmu Budaya, 1(4), 291–304.

Yuliana, N. (2017). Pendekatan Differentiated Instruction (DI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Matematika Siswa Kelas XI MIPA-2 Di SMAN 1 Koba. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4(6), 370–378. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/articles/V4-No6-NellyYuliana.pdf




DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v4i1.194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Click Here for View My Stats