Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Aspek Kognitif Pada Pembelajaran Matematika

M. Taufik Qurohman, Dwijanto Dwijanto, Scolastika Mariani

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menggambarkan bagaimana hubungan kemandirian dengan aspek kognitif dimana aspek kognitif yang meliputi pengetahuan, penerapan, dan penalaran pada proses pembelajaran matematika. Metode dalam proses penelitian ini menggunakan Metode Studi Kepustakaan, dimana pada studi kepustakaan mengkaji teori berdasarkan artikel, catatan, dan buku. Dan data lain yang dibutuhkan dalam proses penelitian ini adalah menggunakan data/sumber sekuder dan primer. Kemudian Analisis data bertujuan memperoleh rumusan masalah dan jawaban dari suatu rumusan yang telah ditentukan. Hasil dari penelitan ini adalah kemandirian sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Dan hasil berikutnya adalah prosentase domain kognitif yang termuat dalam proses pembelajaran matematika memiliki hal yang baik apabila menggunakan buku matematika yang memuat/menyajikan capaian pada tingkat kognitif. Sehingga Kemandrian sangat diperlukan dalam proses pembelajaran matematika, dan akan mencapai hasil yang maksimal, Ketika di lengkapi buku matematika yang memiliki capaian aspek kognitif.


Keywords


Kemandirian, Aspek Kognitif, Pembelajaran Matematika.

References


Fauzan, A., & Yerizon, Y. (2013). Pengaruh Pendekatan RME dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemamampuan Matematis Siswa. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1).

Khodadady, E., & Zeynali, S. (2012). Field-dependence/independence cognitive style and performance on the IELTS listening comprehension. International Journal of Linguistics, 4(3), 622-635.

Lavrov, E., Logvinenko, V., Siryk, O., & Kyzenko, V. (2021, March). Method for assessing the information content of factors forming the cognitive independence of students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1840, No. 1, p. 012066). IOP Publishing.

Lysaker, P. H., Gumley, A., Luedtke, B., Buck, K. D., Ringer, J. M., Olesek, K., ... & Dimaggio, G. (2013). Social cognition and metacognition in schizophrenia: evidence of their independence and linkage with outcomes. Acta Psychiatrica Scandinavica, 127(3), 239-247.

Murni, M. (2021). MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKATER. Intelektualita, 6(02).

Niroomand, S. M., & Rostampour, M. (2014). The Impact of Field Dependence/Independence Cognitive Styles and Gender Differences on Lexical Knowledge: The Case of Iranian Academic EFL Learners. Theory & Practice in Language Studies, 4(10).

Phua, D. H., & Tan, N. C. (2013). Cognitive aspect of diagnostic errors. Ann Acad Med Singapore, 42(1), 33-41.

Stanovich, K. E., & West, R. F. (2008). On the relative independence of thinking biases and cognitive ability. Journal of personality and social psychology, 94(4), 672.

Suciati, I. (2020). Penggunaan Metode “Perang Mental Matematika†dengan Menggunakan Media Kartu Pecahan Pada Materi Penjumlahan Bilangan Pecahan. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 35-42.

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2).




DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v4i1.163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Click Here for View My Stats