Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bermuatan Etnomatematika Dalam Alat-Alat Pertanian Tradisional Suku Dayak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bermuatan Etnomatematika Dalam Alat-Alat Pertanian Tradisional Suku Dayak Pada Materi Bangun Datar Di Kelas VII A SMP Negeri 01 Ngabang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D, yaitu: Define, Design, Devalopment, dan dissiminate. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik pengukuran, sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan, yaitu: lembar validasi, angket (angket respon guru dan siswa) dan tes. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 01 Ngabang, Â sebanyak 30 siswa. Penelitian ini menghasilkan tingkat kevalidan sebesar 94% dengan kategori sangat valid, tingkat kepraktisan sebesar 94,856% dengan kategori sangat praktis dan tingkat keefektifan sebesar 82,609% dengan kategori sangat efektif.
Â
Kata Kunci:Â Â Â Â Â Â Â Â Lembar Kerja Siswa, Etnomatematika, Bangun Datar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Disnawati, D dan Nahak, S. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Tenun Timor Pada Materin Pola Bilangan. Jurnal Elemen. Vol. 5(1) : 64 – 79).
Dominikus, W S. 2018. “Etnomatematika Adonaraâ€. Malang: Media Nusa Creative.
Hidayat, A. & Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME dengan Pendekatan Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51-63.
Firdaus, M., & Hodiyanto, H. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Islami Pada Tradisi Makan Besaprah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 508-519.
Khairunisa. (2016). “Pengembangan Lks Berbasis Problem Based Learning Bermuatan Sikap Spritual Pada Materi Pengukuran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswaâ€. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (Jim) Pendidikan Fisikan 1(4):286.
Riskawati, D, Dkk. (2018). “Pengembangan Lks Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas Ix Smpn 31 Kab.Tebo.†Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1): 112
Sugiyono (2017). “Metode Penelitian Dan Pengembangan (Reseach And Develompmentâ€). Bandung: Alfabeta.
Sumarni, (2004).â€Pengembagan Bahan Ajar. Jakarta: Pt Elek Media Komputindoâ€.
Sugin, A. 2018 “Eksplorasi Etnomatematika Pada Pertanian Tradisional Suku Dayak Tanamâ€.Falkultas Mipa Dan Teknologi Ikip-Pgri Pontianak.
Widianingsih, N (2018) “ Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning Bermuatan Karakter Untuk Meningkatan Kemmpuanpemecahan Masalah Dalam Materi Statistika Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Meliau†.Falkultas Mipa Dan Teknologi Ikip-Pgri Pontianak..
DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v4i1.140
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education