Efektivitas metode Numbered Heads Together terhadap prestasi belajar matematika

Iyus Iyus, Pradipta Annurwanda, Bernadeta Ritawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode Numbered Heads Together (NHT) dibandingkan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP GKE Sidas tahun pelajaran 2019/2020 Kabupaten Landak. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP GKE Sidas dan sampelnya adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 60,37 dan untuk kelas kontrol adalah 55,57. Hasil uji-t dengan uji sampel independen diperoleh t_hitung 3,726 dan t_ tabel 2,007 dengan taraf signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan antara penggunaan metode Numbered Heads Together (NHT) dan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP GKE Sidas tahun ajaran baru. gunakan tahun ajaran 2019/2020 Kabupaten Landak. Sehingga pembelajaran menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada metode konvensional.


Keywords


Prestasi belajar; Metode Numbered Heads Together; Metode Konvensional

References


Annurwanda, P. & Friantini, R. N. (2019). Efektivitas Penerapan Metode Round Table dan Ekspositori terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education. Vol. 1, No. 1, Oktober 2019, hal. 1-13.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Lestari, K.E., dan Mukhammad Ridwan Yudhanegara, 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Reflika Aditama.

Nuryati, Sri & Safitri, Dian. 2015. Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas VIIIC SMP Muhamadiyah 1 Mingir. Jurnal derivat volume 2 No.1 (ISSN: 2407-3792) Halaman 24-32.

Supardi, U.S. 2013. Peran Berpikir Kreatif Dalam proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif 2: ISSN: 2088-351X Hal. 248-262. ISSN: 2302-2000

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&B. Bandung: Alfabeta, CV




DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v3i1.129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Click Here for View My Stats