Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMP di Balikpapan

Ganjar Susilo, Andi Bunga Wali Sari Pertiwi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 9 Balikpapan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan tes hasil belajar matematika dan kuesioner kemandirian belajar.  Teknik analisis menggunakan analisis regresi sederhana dengan menggunakan uji asumsi klasik, normalitas, linieritas, dan heteroskedastisitas, selanjutnya di uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh nilai Sig. diperoleh 0,000 < nilai taraf signifikan (α) yaitu 0,05 sehingga dapat diketahui terdapat pengaruh kemandirian belajar matematika terhadap hasil belajar matematika kelas VII SMP Negeri 9 Balikpapan, dengan pengaruhnya sebesar  76,8% yang ditunjukkan dari perhitungan koefisien determinasi (R2), dan sisanya sebesar 23,2% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya.

Keywords


Kemandirian belajar; Hasil belajar; Matematika

References


Asrori, M., & Ali, M. (2011). Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Jakarta: Bumi Aksara.

Budiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian (2nd ed.). Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Damayanti, D. (2016). Pintar Menulis Karya Ilmiah Sejak Bangku Kuliah. Yogyakarta: Araska.

Hammarlund, C. S., Nilsson, M. H., & Gummesson, C. (2015). External and Internal Factors Influencing Self-Directed Online Learning Of Physiotherapy Undergraduate Students in Sweden: A Qualitative Study. Journal of Educational for Health Professions, 12(33), 1–6. https://doi.org/dx.doi.org/10.3352/jeehp.2015.12.33

Mujiman, H. (2008). Belajar Mandiri (Self-Motivated Learning). Surakarta: UNS Press.

Pramudjono. (2007). Statistika Dasar. Samarinda: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman.

Rachmawati, D. O. (2010). Penerapan Model Self-Directed Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 43(3), 177–184. https://doi.org/dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.121

Restika, V. N., Wibowo, M. E., & Linuwih, S. (2019). Implementation of Guided Discovery Based Thematic Learning Modules to Improve Independence and Learning Achievement, 9(1), 84–92. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/29110

Saputra, J. (2017). Model Problem Based Learning Berbantuan E-Learing Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Pada Dimensi Tiga. Jurnal Kalamatika (Jurnal Pendidikan Matematika), 2(2), 117–130. Retrieved from http://kalamatika.matematika-uhamka.com/index.php/kmk/article/view/51/39

Saraswati, P. (2017). Strategi Self Regulated Learning dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Prestasi Akademik. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(3), 210–223. https://doi.org/10.15294/intuisi.v9i3.14112

Slameto. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, W., & Iswandiri, R. (2017). Kecenderungan Sivitas Akademika Dalam Memilih Sumber Referensi Untuk Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Perguruan Tinggi. Jurnal Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 79–86. https://doi.org/http://10.22146/bip.26074

Suyono. (2015). Analisis Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Syahputra, D. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian Pada SMA Melati Perbaungan. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 368–388. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/article/view/1227/977

Teng, L. S., & Zhang, J. L. (2016). A Questionnaire‐Based Validation of Multidimensional Models of Self‐Regulated Learning Strategies. The Modern Languange Journal, 100(3), 674–701. https://doi.org/doi.org/10.1111/modl.12339

Yanuarto, W. N. (2016). Flipped Classroom Learning Pada Pembelajaran Matematika Bi-Lingual Untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM), 2(2), 254–270. Retrieved from http://portal.widyamandala.ac.id/jurnal/index.php/jiem/article/view/433




DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v3i1.128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Click Here for View My Stats