Penerapan iterasi tengah Babilonia dan metode Bakhshali dalam perhitungan akar kuadrat tidak sempurna

Endro Tri Susdarwono

Abstract


Penelitian ini bertujuan meneliti mengenai efektivitas dan peningkatan motivasi penerapan iterasi tengah Babilonia dan metode Bakhshali dalam perhitungan akar kuadrat tidak sempurna. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pendekatan kuantitatif yang digunakan meliputi pengujian hipotesis atas tanda melalui kuesioner untuk menguji motivasi belajar matematika siswa setelah diberikan perlakuan metode iterasi tengah Babilonia dan India kuno (rumus Bakhshali). Adapun uji statistik lain yang digunakan adalah uji-t untuk sampel nonindependen dimaksudkan untuk melihat perbedaan setelah dilakukan treatment metode iterasi tengah Babilonia dan India kuno (rumus Bakhshali) melalui hasil tes. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah berdasarkan pengujian hipotesis atas tanda diperoleh hasil bahwa dengan adanya penggunaan metode pembelajaran yakni berupa iterasi tengah Babilonia dan India kuno (rumus Bakhshali) untuk menghitung akar kuadrat tidak sempurna mampu meningkatkan motivasi belajar matematika. Sedangkan berdasarkan perhitungan uji-t sampel nonindependen didapatkan bahwa metode pembelajaran iterasi tengah Babilonia dan metode Bakhshali memiliki tingkat efektivitas untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa dalam menghitung soal mengenai akar kuadrat tidak sempurna.


Keywords


Akar kuadrat tidak sempurna; Iterasi tengah Babilonia; Metode Bakhshali

References


Arryawan, E. (2011). Matematika Yin Yang (Jurus Hitung Sakti Dari Barat dan Timur) Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Banerjee, Arindam, Ghosh, Aniruddha, & Das, Mainuck. (2015). High Performance Novel Square Root Architecture Using Ancient Indian Mathematics for High Speed Signal Processing. Advances in Pure Mathematics, 5(1), 428-441.

Dila, Oki Ratna & Zanthy, Luvy Sylviana. (2020). Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 17-26.

Fowler, D. & Robson, E. (1998). Square root approximations in Old Babylonian mathematics: YBC 7289 in context. Historia Mathematica, 25(4), 366–378.

Iqbal, Muhammad. (2014). Implementasi Algoritma Pencarian Akar Kuadrat Bilangan Positif Skripsi: Universitas Brawijaya.

Johnson, Gersham. (2017). The Babylonian Method and Its Properties file:///C:/Users/ASUS/Downloads/johnson.pdf diakses tanggal 24 November 2020 pukul 11.00

Lestari, Karunia Eka & Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Nurhayati, Yanti et al. (2020). Integrasi Contextual Teaching Learning (CTL) dengan Geogebra: Dapatkah Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa?. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 27-34.

Prasetya, J. T., & Ahmadi, A. (2015). Strategi belajar mengajar. Bandung: CV.

Sansthana, Ratna Kumari Svadhyaya. (1979). The Bakhshali Manuscript. Allahabad: Arvind Printers.

Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Persfektif Konstruktivisme. NIZHAMIYAH (Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan), 7(2), 61–73.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Thiemann, R. (2013). Computing Square Roots using the Babylonian Method Archive of Formal Proofs. Http://Afp. Sf. Net/Entries/Sqrt_Babylonian. Shtml.

Thomas J. Osler. (1999). Extending The Babylonian Algorithm. Mathematics and Computer Education, 33(2), 120-128.

Vilianti, Y., Pratama, F., & Mampouw, H. (2018). Description of the ability of social arithedical stories by study problems by students VIII SMP reviewed from the polya stage. International Journal of Active Learning, 3(1), 23–32.




DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v3i1.110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Click Here for View My Stats