Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa

Emy Sohilait

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi eksponen dan logaritma. Berdasarkan kondisi yang telah dikemukakan, maka diperlukan suatu pembelajaran yang dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Salah satu pembelajaran yang diperkirakan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah model discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas X SMK Negeri 1 Masohi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang terdiri dari variabel bebas yaitu model discovery learning dan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kreatif matematis. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas X1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 18 orang dan siswa kelas X2 berjumlah 18 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa bejumlah 6 soal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: terdapat pengaruh pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas X SMK Negeri 1 Masohi. Hasil uji-t menunjukan bahwa t hitung = 2,27 > t tabel = 2,03 Dari hasil perhitungan didapat t hitung = 2,27 ternyata tidak masuk dalam daerah penerimaan Ho yaitu antara - 2,03 sampai dengan 2,03; maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas X SMK Negeri 1 Masohi.


Keywords


Kemampuan berpikir kreatif; Model discovery learning

References


Muhammad, A. (2016). Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung Angkasa.

Nahdi, D. S., & Apriadi, F. (2015). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(2), 66–71.

Tumurun, S. W., Gusrayani, D., & Jayadinata, A. K. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA. Jurnal Pena Ilmiah. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2936

Werdiningsih, C. E. (2019). Prosiding DPNPM Unindra 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas VII SMP Bekasi, 399–404.




DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v3i1.108

Refbacks





Copyright (c) 2021 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Click Here for View My Stats