Analisis kesalahan Newman pada pemecahan masalah Siswa kelas VII SMP N 15 Yogyakarta

Happy Oktaviani, Kintoko Kintoko, Siti Suprihatiningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan menurut Newman pada pemecahan masalah matematika siswa.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes yang diberikan untuk mengetahui kesalahan siswa berbentuk uraian,sedangkan wawancara dilakukan kepada siswa, dan dokumentasi diperoleh pada saat wawancara dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan pada pemecahan masalah matematika siswa kelompok tinggi yaitu kesalahan mentranformasikan. Sedangkan siswa kelompok sedang yaitu kesalahan mentranformasikandan kesalahan dalam keterampilan proses. Untuk siswa kelompok rendah yaitu kesalahan dalam memahami soal, kesalahan mentranformasikan, kesalahan dalam keterampilan prosesdan kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir. Penyebab kesalahan dalam pemecahan masalah berbentuk cerita adalah tidak memahami soal dengan seksama, tidak menuliskan rumus, tidak mengetahui cara mengoperasikan soal dan tidak mengecek kembali jawaban yang sudah dikerjakan.

Keywords


Analisis Kesalahan; Newman; Pemecahan Masalah; Matematika

References


Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Ariawan, V. A. N., & Pratiwi, I. M. (2017). Eksplorasi Kemampuan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Soal Cerita Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 82–95. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9184

Fatimah, Siregar, E. Y., & Ahmad, M. (2020). Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk Negeri 1 Batang. 3(1), 37–45.

Jennings, P. A., Brown, J. L., Frank, J. L., Doyle, S., Oh, Y., Davis, R., Rasheed, D., Deweese, A., Demauro, A. A., Cham, H., Greenberg, M. T., Impacts, F., Jennings, P. A., Brown, J. L., Frank, J. L., Doyle, S., Davis, R., & Greenberg, M. T. (2017). Journal of Educational Psychology Impacts of the CARE for Teachers Program on Teachers ’ Social and Emotional Competence and Classroom Interactions.

Lestari, E. K., & Yudhanegara, R. M. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung. PT Rafika Aditama.

Mulyadi, S. (2018). Analisis Keslahan Siswa Kelas Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Perbedaan Gender. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1), 80–8

Mulyadi, Riyadi, & Subanti, S. (2015). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman’S Error Analysis (Nea) Ditinjau Dari Kemampuan Spasial. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(4), 370–382. http://jurnal.fkip.uns.ac.id

Oktaviana, D. (2018). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.719

Purnama, M. B. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Operasi Hitung Campuran (Perkalian dan Pembagian) di Kelas II SDN Ngaban. 1–12. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/525

Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upayapembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1. https://doi.org/10.25078/jpm.v1i1.34

Wahbi, A. & Bey, A. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Faktorisasi Suku Aljabar Ditinjau Dari Objek Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(1), 19–30.

Wahyuni, J., Paranthy, Y. W., & Wanto, A. (2018). Analisis Jaringan Saraf Dalam Estimasi Tingkat Pengangguran Terbuka Penduduk Sumatera Utara. Jurnal Infomedia, 3(1). https://doi.org/10.30811/jim.v3i1.624.




DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v3i1.106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Click Here for View My Stats