HUBUNGAN STATUS GIZI TERHADAP HASIL BELAJAR PENJAS DI SEKOLAH DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Taufik Taufik

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini Adalah Bagaimana keterkaitan status gizi terhadapa hasil belajar penjas di sekolah di. Tempat yang menjadi lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Wonomulyo Kabupaten polman. Adapun yang akan diteliti siswa SMP Negeri 1 Wonomulyo. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan dan keadaan tertentu. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Wonomulyo sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu : Menggunakan tes status gizi, dan penilaian hasil belajar penjas. Teknik Analisiss data yang digunakan dalam penelitian ini adakah analisis deskriptif . Hasil  penelitian ini dapat di ketahui dengan hasil tes pengkuran tinggi badan dan pengukuran berat badan (Pengukuran Status Gizi) adalah status gizi berkategori sangat kurus (0%) berkategori kurus sebanyak 6 siswa atau 20%, berkategori normal sebanyak 24 siswa atau 80%, berkategori gemuk (0%) dan berkategori sangat gemuk (0%) secara umum status gisi  siswa SMP Negeri  1 Wonomulyo adalah dominan berkategori normal.     


Keywords


Status Gizi, Hasil Belajar, Siswa.

References


Almatsier, S. (2002 ). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Bandung: Gramedia Pustaka Utama.

Dimyati, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. DKI Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Semarang: Bumi Aksara

Husdarta, (2015). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung, Alfabeta.

Ida, M. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Gizi dalam Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Pres.

Irianto, D. (2006). Pedoman Gizi Lengkap Keluarga dan Olahragawan. Malang: Andi Yogyakarta.

Marsetyo. (2016). Ilmu Gizi,Korelasi Gizi,Kesehatan, dan Produktivitas. Batul: Bineka Cipta.

Sugiyono. (2018). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfbeta.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Cv Alfabeta

Winkel. (2019). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.38114/josepha.v1i2.98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 JOSEPHA : Journal of Sport Science and Physical Education

Click Here View My Stats