KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI SIKAP LILIN MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SENGAH TEMILA

Herkulana Herkulana, Erna Yantiningsih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh metode demonstrasi terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran senam lantai sikap lilin pada kelas XI SMA Negeri 2 Sengah Temila. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pre- eksperimen, dengan desain one group pretest - posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sengah Temila. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa kelas XI IPA 1. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan uji beda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode demonstrasi terhadap kekatifan siswa dalam pembelajaran senam lantai sikap lilin menunjukan hasil lebih baik dari pada sebelum diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil uji statistik yaitu apabila nilai R Square kurang dari 0,05, maka H0 diolak dan jika nilai R Square, lebih besar dari 0,05 maka Ha diterima. Hasil uji statistik variabel maka Ha diterima. Karena nilai R Square = 0,492 > 0,05 dan ada pengaruh yang signifikan. Maka Ha berbunyi ada pengaruh metode demostrasi terhadap keaktifan siswa dalam pembalajaran senam lantai sikap lilin Kelas XI IPA 1 SMA Negari 2 Sengah Temila.


Keywords


keaktifan siswa, senam lantai sikap lilin, metode demonstrasi



DOI: https://doi.org/10.38114/josepha.v%25vi%25i.428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Journal of Sport Science and Physical Education (JOSEPHA) 

Click Here View My Stats