PENGEMBANGAN MODEL PEMANASAN BERBASIS PERMAINAN PRAMUKA PADA SISWA SMP

Maharani Fatima Gandasari

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg & Gall dengan menyederhanakan menjadi 2 tahapan sebagai berikut (1) tahap pra-pengembangan, tahapan ini meliputi (a) kajian literatur dan penelitian relevan dan (b) studi lapangan, (2) tahap pengembangan, tahapan ini meliputi (a) penyusunan draf, (b) validasi ahli, (c) uji coba model skala kecil, (d) uji coba model skala besar, dan (e) produk akhir. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 30 siswa di SMPN 1 Ngabang. Uji coba skala besar dilakukan terhadap 130 siswa dari SMP Negeri 2 Ngabang, SMP Maniamas, MtsN Ngabang, Kabupaten Landak Kalimantan Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yakni pengembangan pemanasan berupa permainan pramuka. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan kuisioner dengan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kemudian di konversikan ke data kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Kabupaten Landak. Hasil secara keseluruhan dari uji skala terbatas dan uji skala luas dari ketertarikan produk dari peserta didik rata-rata 85,59 (Baik), keterterimaan produk dari guru rata-rata 85,55 (Baik), keterlaksanaan dari permainan pramuka 82,75 (Baik). Keterterimaan produk yang dihasilkan diperoleh nilai rata-rata 85,57 (Baik) dan keterlaksanaan permainan rata-rata 82,81 (Baik). Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu bahwa model pemanasan berbasis permainan pramuka yang dikembangkan dapat diterima dengan Baik  dan dapat terlaksana dengan Baik. Disarankan bagi guru penjaskes untuk dapat menggunakan model pemanasan berupa permainan yang dihasilkan sebagai gambaran dan acuan guru penjaskes untuk mengembangkan berbagai bentuk pemanasan yang lebih variatif dan inovatif.

Kata kunci : Model, Pemanasan, Permainan Pramuka

References


Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational research: An introduction. Boston: Pearson/Allyn & Bacon.

Arifin, Zenal. (2014). Aktivitas Pemanasan dan Pendinginan Pada Siswa Ekstrakurikuler Olahraga Di SMP Negeri Se-Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang.

Jurnal. Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan. Universitas Negeri Semarang

Burke, Edmund R. (2001). Latihan Kebugaran Di Rumah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hidayatullah, Furqoon. (2008). Mendidik Anak Dengan Bermain. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Husdarta, H.J.S. (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Maryanti. (2014). Pelaksanaan Permainan Tradisional Dalam Mendukung Perkembangan Prilaku Sosial Anak Usia Dini Di

Kelompok Bermain (KB) Alam Uswatun Khasanah, Kronggahan,Gamping, Sleman. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukardi.(2012). Permainan Pramuka di Lapangan.Gerakan pramuka Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah:Saka Production

Selfianto, Dian, Agung. (2013).

Pengembangan Macam-macam Pemanasan Melalui Permainan Air untuk Pembelajaran Renang Kelas X Di SMK Negeri 11 Kota Malang. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.38114/josepha.v1i1.34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Click Here View My Stats