PILIHAN MATERI PEMBELAJARAN GURU PJOK SD KELAS ATAS DALAM MEMENUHI TUNTUTAN KOMPETENSI DASAR DIMASA COVID-19
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pilihan materi pembelajaran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di kelas atas sekolah dasar dan apa saja hambatan atau kendala yang terjadi dalam proses pembelajaran dimasa COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei deskriptif kuantitatif dengan subjek 27 guru PJOK di kelas atas sekolah dasar se-Kecamatan Pakisaji. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan instrumen non tes yaitu angket, dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa pilihan materi pembelajaran kelas 4 sebesar 46,9% atau memiliki kriteria kurang, dan pilihan materi pembelajaran kelas 5 memperoleh 50,4% atau memiliki kriteria kurang sedangkan pilihan materi pembelajaran kelas 6 memperoleh 49,1% atau memiliki kriteria kurang dapat diambil kesimpulan bahwa pilihan materi pembelajaran oleh guru kelas atas sekolah dasar dalam memenuhi tuntutan kompetensi dasar di dalam kurikulum se-kecamatan pakisaji termasuk dalam kategorisangat kurang hal tersebut dipengaruhi beberapa faktor yaitu: (1) sarana dan prasarananya, (2) kompetensi guru, (3) Wakktu pembelajaran berkurang disaat pandemi COVID-19.
Kata kunci: pilihan materi guru; kompetensi dasar; pandemi
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adi, S., & Fathoni, A. F. (2019). Development of Learning Model Based on Blended Learning in Sports School. 362(Acpes), 8–12. https://doi.org/10.2991/acpes-19.2019.2
Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020). Blended learning analysis for sports schools in Indonesia. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(12), 149–164. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I12.15595
Arifin, Z. (2012). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. April.
Dan, O., Di, K., & Malang, S. (2017). Pada Matapelajaran Pendidikan Jasmani. 1, 87–102.
Fernandes, D., Lynch, J. G., & Netemeyer, R. G. (2014). Financial literacy, financial education, and downstream financial behaviors. Management Science, 60(8), 1861–1883. https://doi.org/10.1287/mnsc.2013.1849
Goldschmidt, K. (2020). The COVID-19 Pandemic: Technology use to Support the Wellbeing of Children. Journal of Pediatric Nursing, 53, 88–90. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013
HALFFTER, G., Zikán, W., & Wygodzinsky. (2003). Permendikbud RI Nomor 37 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. The Coleopterists Bulletin, 1(1), 1–11. http://dx.doi.org/10.1016/j.cretres.2011.11.017%0Ahttp://www.conabio.gob.mx%0Awww.unal.edu.co/icn/publicaciones/caldasia.htm%0Ahttps://pdfs.semanticscholar.org/9bb8/973866467bf10fef937356ac16349c35874b.pdf?_ga=2.109558917.1250767975.1574828256-287221478.1
Kemdikbud. (2020). Kepmendikbud Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Www.Kemdikbud.Go.Id, 022651, 9. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus
Mahdiansyah. (2017). Kementerian pendidikan dan kebudayaan badan penelitian dan pengembangan pusat penelitian kebijakan pendidikan dan kebudayaan tahun 2017.
Osorno, R. I. M., & Federico, K. J. S. (2022). the Influence of School Cultural Elements and Attitude on Self-Efficacy of Teachers in Physical Education. European Journal of Physical Education and Sport Science, 8(1), 131–154. https://doi.org/10.46827/ejpe.v8i1.4207
Peraturan Pemerintah. (2013). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Sekretariat Negara, 2(32), 148–164.
Permendikbud No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar. (2013). Permendikbud No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemdikbud. Kemdikbud., 1(2), 58–72. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud64-2013StandarIsi.pdf
Ryan, T., & Poirier, Y. (2012). Secondary Physical Education Avoidance and Gender: Problems and Antidotes. International Journal of Instruction, 5(2), 173–194. http://search.proquest.com.ezproxy.library.yorku.ca/docview/1037906246?accountid=15182
Saidil Mazlan Abdul Razak, Mohd Foazi Md Nor, Syed Ahmad Ezahar Syed Ambon, Zul Aizam Yassin, & Junaidy Mohamad Hashim. (2018). Physical education teachers readiness towards upgrading the teaching and learning processes. ~ 35 ~ International Journal of Physical Education, Sports and Health, 5(3), 35–39. www.kheljournal.com
Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 395. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303
DOI: https://doi.org/10.38114/josepha.v4i1.298
Refbacks
Copyright (c) 2023 JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 JOSEPHA : Journal of Sport Science and Physical Education