Analisis Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Penjas Pada Sekolah Dasar Negeri 46 Plasma 2 Ngabang

Yohana Novaria, Ayu Sintiya, Gito Gito, Joko Joko

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurikulum 2013 dalam pembelajaran penjas yang ada di Sekolah Dasar Negeri 46 Plasma 2 Ngabang. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kurikulum 2013 dalam pembelajaran penjas sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara langsung dengan guru penjas, angket, dan observasi bahwa untuk sarana dan prasarana sudah lengkap di Sekolah Dasar Negeri 46 Plasma 2 Ngabang.Sehingga sekolah yang kami teliti, memiliki sarana dan prasarana yang mempuni dalam pembelajaran penjas dan guru penjas di Sekolah Dasar Negeri 46 Plasma 2. Jumlah siswa di SD Negeri 46 plasma 2 Ngabang adalah 145 siswa/I, 87 siswa laki-laki, dan 58 jumlah siswa perempuan. Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang mengharuskan siswa yang aktif dalam melaksanakan pembelajaran, dan guru juga harus menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa dalam pembelajaran, kurikulum 2013 adalah sistem kurikulum yang diterapkan di bidang pendidikan indonesia. Kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kurikulum 2006/ ktsp, yang berlaku kurang lebih 6 tahun.Tujuan kurikulum 2013 adalah mempersiapkan manusia indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. dan guru juga harus bisa menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa didik dalam sebuah pembelajaran, kurikulum 2013 adalah sistem kurikulum yang diterapkan di bidang pendidikan indonesia. Kurikulum ini ditetapkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kurikulum 2006/ ktsp, yang berlaku kurang lebih 6 tahun.Tujuan kurikulum 2013 adalah mempersiapkan manusia indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. dan guru juga harus bisa menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa didik dalam sebuah pembelajaran, kurikulum 2013 adalah sistem kurikulum yang diterapkan di bidang pendidikan indonesia. Kurikulum ini ditetapkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kurikulum 2006/ ktsp, yang berlaku kurang lebih 6 tahun.Tujuan kurikulum 2013 adalah mempersiapkan manusia indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. yang berlaku kurang lebih 6 tahun. Tujuan kurikulum 2013 adalah mempersiapkan manusia indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. yang berlaku kurang lebih 6 tahun. Tujuan kurikulum 2013 adalah mempersiapkan manusia indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.
Kata Kunci: kurikulum 2013, pembelajaran penjas


Abstrak
This study aims to determine the 2013 curriculum in physical education learning at the 46 Plasma 2 Ngabang State Elementary School. This type of research is qualitative. Data collection techniques used are interviews, observation, questionnaires and documentation. The results of the study show that the 2013 curriculum in physical education learning has been going well. This can be seen from the results of direct interviews with physical education teachers, questionnaires, and observations that the facilities and infrastructure are complete at the 46 Plasma 2 Ngabang State Elementary School. Thus, the schools that we studied had adequate facilities and infrastructure for physical education learning and physical education teachers at the 46 Plasma 2 State Elementary School. female student. The 2013 curriculum is a curriculum that requires students to be active in carrying out learning, and teachers must also be able to master the material that will be conveyed to students in a lesson, the 2013 curriculum is a curriculum system that is applied or applicable in the field of Indonesian education. This curriculum is still being applied by the government to improve the 2006/ktsp curriculum, which is valid for approximately 6 years. The purpose of the 2013 curriculum is to prepare Indonesian people to have the ability to live as individuals and citizens of faith, productive, creative, innovative, and effective and able to contribute to the life of society, nation, state, and world civilization.
Kata kunci: Kurikulum 2013, pembelajaran pendidikan jasmani


Keywords


Analisis Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Penjas



DOI: https://doi.org/10.38114/josepha.v3i2.201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 JOSEPHA : Journal of Sport Science and Physical Education

Click Here View My Stats