Identifikasi Permasalahan Pembelajaran PJOK di SMP/MTs Se-Kecamatan Karangsambung Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19 di SMP/MTs se-Kecamatan Karangsambung tahun ajaran 2020/2021. Sumber data penelitian adalah guru olahraga di Kecamatan Karangsambung.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah bagaimanapermasalahan pembelajaran PJOK di SMP/Mts se-Kecamatan Karangsambung pada masa pandemi covid-19 tahun ajaran 2020/2021.Hasil penelitian disajikan berupa mendeskripsikan datayang berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian di sekolah SMP/MTs di Kecamatan Karangsambung Kebumen, terdapat lima kendala yang dihadapi di masa pandemi covid-19 yakni 1) penguasaan internet yang terbatas 2) kurang memadainya saran prasarana 3) terbatasnya akses internet. 4) kurang siapnya tenaga pendidik dan dana pada kondisi darurat. 5) kurangnya peran orang tua dalam proses pembelajaran. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah identifikasi permasalahan pembelajaran PJOK pada masa pandemi di SMP/MTs di Kecamatan Karangsambung tahun ajaran 2020/2021.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggito, Albi. & Setiawan, Johan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi : CV Jejak
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas. diperoleh tanggal 12 oktober 2021. https://www.jogloabang.com/pustaka/uu-20-2003-sistem-pendidikan-nasional
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.(2020).Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Virus Corona. Diperoleh tanggal18 oktober 2021. www.pusdiklat.kemendikbud.go.id
Pambudi, A. F. (2014). Analisis Spektrum Gaya Mengajar Divergendalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala, S. (2010). Kemampuan Professional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabet.
Samsudin, Sadili. (2019). Manajemen Sumberdays Manusia. Bandung CV. Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.38114/josepha.v2i2.153
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education