PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF DI SLB KOTA BANDAR LAMPUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di masa pandemi covid-19 masih mengalami kendala. Kendala dalam hal ini diantaranya pemilihan materi yang tidak sesuai dengan kondisi pada masa pandemi covid-19 di mana guru dituntut untuk dapat menyesuaikan materi pembelajaran supaya anak yang memiliki keterbatasan masih bisa menyesuaikan materi dengan keadaan yang ada. Hal ini menjadi lebih sulit apabila sarana dan prasarana pembelajaran tidak mendukung serta guru yang bukan berlatar belakang dari pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di SLB kota Bandar Lampung pada mada pandemi covid-19 di tahun ajaran 2020/2021 yang dilihat dari faktor tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kompetensi guru, sarana prasarana dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pendidikan jasmani adaptif di SLB kota Bandar Lampung yang berjumlah 10 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pendidikan jasmani adaptif di SLB kota Bandar Lampung. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan 29 butir pertanyaan teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di SLB kota Bandar Lampung tahun ajaran 2020/2021 dalam kategori baik dengan persentase 50%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustina, Putri. 2011. Psikologi Perkembangan. Surakarta: PGSD UMS.
Aisyah, Siti, dkk. 2011. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Amirullah, Hari. 2011. Keterlaksanaan Pendidikan Jasmani dan Olahraga diDaerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia (Volume 8, Nomor 1, April 2011).
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghazali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPSSCetakan IV. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haenudin. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media.
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hartono. 2008. SPSS 16.0 Analisis Data Statistika dan Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Hidayah, Isti dan Sugiarto. 2006. Hand Out: Workshop Pendidikan Matematika I. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES.
Karwono, Heni Mularsih. 2017. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Melinda, Elly Sari. 2013. Pembelajaran Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: PT Luxima Metro Media.
Mufti, Khoerul. 2013. Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga danKesehatan se-Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga. Skripsi.Yogyakarta: FIK UNY.
Mulyasa. 2006. Kurikulum Yang Disempurnakan Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyanto, Respaty. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang.
Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Santoso, Hargio. 2012. Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: PT Gosyen Publishing.
Smart, Aqila. 2010. Anak Cacat Bukan Kiamat. Yogyakarta: Katahati.
Somantri, Sutjihati. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.
Suharmini, Tin. 2009. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Kanwa Publisher.
Suhartini, B. 2011. Merangsang Motorik Kasar Anak Tunarungu Kelas DasarSekolah Luar Biasa Melalui Permainan. Jurnal Pendidikan JasmaniIndonesia ( Volume 8, Nomor 2, November 2011). Hlm. 153-154.
Sumaryanti, dkk. 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Jasmani Adaptif untuk Optimalisasi Otak Anak Tunagrahita. Jurnal Kependidikan (Volume40, Nomor 1). Hlm. 29-44.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara..
Widoyoko, Eko Putro. 2014. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widyantini, Theresia. 2013. Penyusunan Lembar Kerja Siswa Sebagai Bahan Ajar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.
DOI: https://doi.org/10.38114/josepha.v2i1.127
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education