Analisis Aktivitas Belajar Melalui Permainan Kelompok Kolong Agak Pada Materi Bilangan Bulat

Suhendrik Suhendrik, Yumi Sarassanti, Kurnia Dyah Anggorowati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 12 Seraras Kecamatan Sekadau Hilir. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan permaianan kelompok kolong agak dalam proses pembelajaran mata pelajaran matematika materi bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan   untuk   mengetahui peningkatan aktivitas belajar  siswa melalui permainan kelompok kolong agak pada materi bilangan bulat siswa kelas IV SD Negeri 12 Seraras Kecamatan Sekadau Hilir. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 12 Seraras Kecamatan Sekadau Hilir sebanyak 16 siswa terdiri dari 8 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Objek penelitian ini yaitu aktivitas belajar siswa pada materi bilangan bulat melalui penggunaan permainan Kelompok Kolong Agak. Teknik pengumpulan data berupa  nontes yaitu observasi. Hasil penelitian analisis aktivitas belajar melalui permainan kelompok kolong agak siswa kelas IV SD Negeri 12 Seraras yang dilihat dari hasil lembar obsever menunjukan bahwa pada pertemuan pertama sebesar 65,62% dan pertemuan kedua 87,5% meningkat sebesar 23,14%,  dari 16 siswa terdapat 15 siswa yang mendapatkan nilai diatas keriteria keberhasilan yaitu 60, dan  8 siswa yang mendapatkan kategori amat baik, 7 siswa mendapat kategori baik dan 1 siswa mendapatkan kategori cukup. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan kelompok kolong agak terhadap proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar materi bilangan bulat siswa kelas IV SD Negeri 12 Seraras Kecamatan Sekadau Hilir.

Keywords


Aktivitas belajar; permainan kelompok kolong agak; kearifan lokal; Sekadau

References


Sardiman, A. M. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta

Ason, Y. (2014). Pendidikan aktivitas belajar siswa dalam perkuliahan psikologi pendidikan dengan metode kerja kelompok. Jurnal Pendidikan Dasar STKIP Melawi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), 2:164-165

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa, H. E. (2011). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta

Suyono. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yamin, M. (2007). Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press




DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v2i2.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Click Here for View My Stats