Efektivitas Pembelajaran Investigasi Kelompok Berbantuan Peta Konsep Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Hendra Yulianto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis keefektifan pembelajaran investigasi kelompok berbantuan peta konsep terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment). Pada kelas eksperimen siswa diajarkan dengan pembelajaran investigasi kelompok berbantuan peta konsep dan pada kelas kontrol siswa diajarkan dengan pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ngabang Tahun Ajaran 2019/2020. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI MIPA A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA C sebagai kelas kontrol. Analisis data akhir menggunakan one sample t-test, uji proporsi pihak kanan, dan uji rata-rata pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan individu pemahaman konsep matematis kelas eksperimen memenuhi KKM dan secara klasikal mencapai 70%. Kemudian pemahaman konsep matematis siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran investigasi kelompok berbantuan peta konsep efektif terhadap pemahaman konsep matematis siswa.


Keywords


Investigasi kelompok; peta konsep; pemahaman konsep matematis

References


Andamon, J. C., & Tan, D. A. (2018). Conceptual understanding, attitude and performance in mathematics of Grade 7 Students. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(8), 96–105.

Arifah, U., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuhkambangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 263–272.

Gilmore, C., Keeble, S., Richardson, S., & Cragg, L. (2017). The interaction of procedural skill, conceptual understanding and working memory in early mathematics achievement. Journal of Numerical Cognition, 3(2), 400–416.

Junedi, B., & Sari, P. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Concept Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII. Jurnal Saintika Unpam : Jurnal Sains Dan Matematika Unpam, 1(2), 222.

Kharimah, U., & Muhsetyo, G. (2010). Penggunaan Media Peta Untuk Memahamkan Materi Perbandingan Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi Pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 2 Jetis Kabupaten Mojokerto. Jurnal Universitas Negeri Malang, 1–13.

Malatjie, F., & Machaba, F. (2019). Exploring mathematics learners’ conceptual understanding of coordinates and transformation geometry through concept mapping. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(12), 1–16.

Muhsetyo, G. (2008). Pembelajaran Matematika SD. Universitas Terbuka.

Parinduri, S. H., Sirait, M., & Sani, R. A. (2017). The Effect of Cooperative Learning Model Type Group Investigation for Student’s Conceptual Knowledge and Science Process Skills. IOSR Journal of Research & Method in Education, 7(October), 49–54.

Santoso, A. (2019). Efforts To Train the Character of Students By Using the Cooperative Learning Model Type Gi (Group Investigation) in Science Learning. Science Education and Application Journal, 1(1), 25.

Shadiq, F. (2009). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP. PPPPTK Matematika.

Sitorus, M. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Berbantu Media Peta Konsep Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Komunikasi Matematika Peserta Didik pada Materi Perbandingan di Kelas VII SMP Negeri 1 Balige Tahun Pelajaran 2018/2019.

Suarsana, M., Widiasih, N. P. S., & Suparta, N. (2018). The effect of brain based learning on second grade junior students’ mathematics conceptual understanding on polyhedron. Journal on Mathematics Education, 9(1), 145–155.

Sukardi. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. PT Bumi Aksara.

Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v2i2.48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Hendra Yulianto

License URL: https://journal.stkippamanetalino.ac.id/index.php/matematika/information/sampleCopyrightWording

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Click Here for View My Stats