Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Pembelajaran Matematika Realistik

Benedikta Eda Labina, Bernadus Bin Frans Resi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MIA SMAK St. Fransiskus Asisi Larantuka pada topik persamaan nilai mutlak linear satu variabel menggunakan pendekatan matematika realistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian adalah 2 orang siswa. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan kategori jawaban siswa dengan ketentuan jawaban yang sejenis dikelompokkan kemudian dipilih salah seorang siswa sebagai subjek penelitian. Metode pengumpulan data berupa tes tertulis mengenai masalah kontekstual yang berkaitan dengan persamaan nilai mutlak linear satu variabel dan wawancara tidak struktur untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas X MIA SMAK St. Fransiskus Asisi Larantuka sudah memiliki kemampuan komunikasi matematis dengan baik. Siswa sudah mampu menyatakan situasi, gambar, diagram atau benda nyata ke dalam bahasa simbol, ide, atau model matematika, menjelaskan suatu ide, situasi atau relasi matematika melalui gambar, menyajikan solusi dari persamaan matematika secara rinci dan benar, memeriksa kembali jawaban siswa.


Keywords


Pendekatan Matematika Realisti; kemampuan komunikasi matematis; persamaan nilai mutlak linear satu variabel

References


Umaedi, H. (2018). Meningkakan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalaui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Pendidikan Matematika Raflesia. Vol. 3, No. 2, Hal. 94-106

Adri, N. dkk. (2017). Komunikasi Matematis Siswa Pengaruh Pendekatan Matematis Realistik. Gantang. Vol. 2, No. 2, Hal. 113-122.

Resi, B. B. F. & Julie, H. (2018). Analysis of the problem solving ability of VIII-A student on linear equation system of two variables (LESTV), 5th ICRIEMS, Mei 2018, hal. 237-242.

Resi, B. B. F. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menurut Langkah Polya Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Edukreasi. Vol. 4, No. 1, Hal. 1-8.

Suprihatiningsih, S., Sudibyo, N. A., & Harmini, T. (2020). Eksperimentasi Mobile Learning Pada Mata Kuliah Kalkulus Integral Ditinjau Dari Kemampuan Bekerjasama. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v10i1.2488




DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v2i2.101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Click Here for View My Stats