Efektivitas Metode Student Teams Achievement Divisions Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar

Derziberto Derziberto, Pradipta Annurwanda, Rizki Nurhana Friantini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan: 1) prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan pembelajaran langsung, 2) prestasi belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sedang dan rendah, dan 3) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada bahasan operasi aljabar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Air Besar Kabupaten Landak. Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah 164 siswa dengan sampel sebanyak 60 siswa SMP Negeri 1 Air Besar. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Instrumen pengambilan data menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan pembelajaran langsung, 2) terdapat perbedaan antara prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi sedang dan rendah, dan 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada bahasan operasi aljabar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Air Besar Kabupaten Landak.


Keywords


Student Teams Achievement Divisions; pembelajaran langsung; prestasi belajar Matematika; motivasi belajar

References


Adiputra, S. & Mujiyati. (2017). Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di Indonesia: Kajian Meta-Analisis. Journal Konselor. Vol 6, No 4, Hal. 150-157.

Annurwanda, P., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments dan Team Assisted Individualization Pada Materi Garis dan Sudut Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol.3, No.10, Hal. 1150-1160.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Badrun & Hartono. (2013). Kefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD Ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VIII SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 8. No. 2. Hal. 120-134

Budiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Esminarto dkk. (2016). Implementasi Model STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual. Vol.1, No.1, Hal. 16-23.

Friantini, R. N. & Winata, R. (2018). Eksperimentasi Metode STAD dan TGT terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Edusains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika. Vol. 6, No. 2. DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v6i2.998

Husamah dkk. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Rohman, N. dkk. (2013). Eksperimentasi Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Dan Problem Based Learning Pada Operasi Bilangan Bulat Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal S2 Pendidikan Matematika. Vol 1 No 2. Hal. 153-165.

Rosmi, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). Vol.1, No.2, Hal. 161-167.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Winata, R. & Friantini, R. N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kuala Behe. JIPM: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 7, No. 2. DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v7i2.3663




DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v2i2.100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education

Click Here for View My Stats