MOTIVASI DAN DISIPLIN DENGAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Abstract
Penelitian diawali berdasarkan survey lapangan diprediksi masih banyak siswa dan siswi yang belum memenuhi kriteria dalam proses belajar mengajar. Hal ini dibangun oleh banyak faktor, yang disebabkan oleh motivasi dan disiplin. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan motivasi dan disiplin dengan hasil pembelajaran Penjasorkes SMP Negeri 35 Padang. Jenis penelitian adalah korelasional. Populasi penelitian siswa dan siswi yang menyatakan 337 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratifiet random sampling. Dengan demikian sampel diambil dari siswa dan siswi kelas Vll dan kelas Vlll dalam penelitian ini sebanyak 50 sampel. Instrumen dan teknik data penelitian ini adalah: (1) data diambil dengan angket, (2) data diambil dengan angket, (3) data hasil belajar diambil dari nilai semester siswa. Penelitian ini mengajukan hipotesis sebagai berikut: (1) terdapat hubungan signifikan motivasi dengan hasil pembelajaran penjasorkes SMP Negeri 35 Padang, (2) terdapat hubungan signifikan disiplin dengan hasil pembelajaran penjasorkes SMP Negeri 35 Padang, (3) terdapat hubungan signifikan motivasi dan disiplin secara bersama -sama dengan hasil pembelajaran penjasorkes SMP Negeri 35 Padang. Data dianalisis dengan melihat momen produk dan pertunjukan ganda taraf signifikan a = 0,05. Berdasarkan analisis diperoleh sebagai berikut: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan hasil pembelajaran Penjasorkes SMP Negeri 35 Padang, yang dibuktikan dengan nilai r hitung = 0,567> r tabel = 0,279 dan t hitung 4,775 > t tabel 1,684. (2) terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin dengan hasil pembelajaran Penjasorkes SMP Negeri 35 Padang, yang dibuktikan dengan nilai r hitung = 0,586> r tabel = 0,279 dan t hitung 5,012 > t tabel1.684. (3) keberadaan hubungan yang signifikan antara motivasi dan disiplin secara bersama-sama dengan hasil pembelajaran Penjasorkes SMP Negeri 35 Padang, yang dibuktikan dengan nilai r hitung = 0,651> r tabel = 0,279 dan F hitung 17,284> F tabel 3,23.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta.
Asnaldi A, FIK-UNP Z, M M. HUBUNGAN MOTIVASI OLAHRAGA DAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 16 SINTOGA KECAMATAN SINTUK TOBOH GADANG KABUPATEN PADANG PARIAMAN. J MensSana [Internet]. 2018 Dec 15 [cited 2020 Mar 28];3(2):16–27. Available from:
http://menssana.ppj.unp.ac.id/index.php/jm/article/view/75
Yulifri Y, Nurini N, Asnaldi A, Umar A. Study of Motor Ability in Grade V Students of Elementary Schools 03 Ikur Koto, Kecamatan Koto Tangah. J MensSana [Internet]. 2019 Nov 23 [cited 2020 Mar 29];4(2):148–55. Available from: http://menssana.ppj.unp.ac.id/index.php/jm/article/view/98
DOI: https://doi.org/10.38114/josepha.v1i2.102
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
STKIP PAMANE TALINO
Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Copyright @2019 JOSEPHA : Journal of Sport Science and Physical Education